icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Awali Tahun 2019 dengan Maksimalkan Kinerja Startup Besutanmu

Published 07 January 2019 07:18 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Tahun yang baru, harus punya semangat yang baru dan fresh terutama buat mengembangkan startup besutanmu. Ini saatnya membuat perusahaan rintisanmu makin dikenal, membukukan laba yang lebih besar, hingga sukses menggaet investor. Butuh proses panjang tapi ada beberapa kiat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja startup-mu.

Ikuti Passion

Pikirkan ide yang dimiliki, bukan apa yang menurutmu mudah menghasilkan uang. Jika hal tersebut mendorongmu untuk terus berusaha mewujudkannya, itu adalah pertanda bagus. Apabila yang terjadi adalah sebaliknya, buang idenya dan temukan sesuatu yang lain. Tapi bukan berarti harus mengubah semua hobi menjadi bisnis, yang terpenting adalah menyukai yang kini sedang dilakukan.

Perlakukan User dengan Baik

Bagaimana memperlakukan user sangat penting bagi kesuksesan startup. Ketimbang berasumsi mengetahui apa yang diinginkan, benar-benar dengarkan yang menjadi kebutuhannya.

Sebagai founder dari startup yang sukses, miliki koneksi dengan konsumen untuk membangun ikatan kepercayaan. Jadi keluar dari kantor dan berbicara dengan user secara langsung untuk mengumpulkan informasi maupun pengalaman, sehingga dapat memberikan layanan maupun produk yang lebih baik.

Siap untuk Berubah

Punya ide yang cemerlang bukan berarti menutup kemungkinan untuk mengalami perubahan. Startup akan berubah dengan cepat sehingga founder dan timnya harus siap menyesuaikan diri. Hanya karena perusahaan yang dirintis berdasar satu hal, bukan berarti jadi satu-satunya tujuan bisnismu. Temukan cara untuk mendiversifikasi aset bisnis dan bersiap untuk melakukan perubahan demi pengembangan startup.

 
 
 
View this post on Instagram

Tahun 2019 diprediksi akan menjadi tahun ‘perang’nya startup Fintech! Yuk lihat prediksi dan tren lainnya di atas ini ☝???? Kalau kamu sendiri, sudah siapkah untuk #TheNextDev2019? Source: - tekno.kompas.com - inc.com #FutureIndonesianStartup #IndonesianStartup #Startup2019 #StartupLyfe #startuplife #TheNextDev2019

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Pertanyakan Komitmen Sejak Awal

Sering founder yang kebanyakan berusia muda mengeluhkan waktu yang kurang untuk menjadi pendiri startup atau CEO. Begitu juga membicarakan betapa kerasnya bekerja, hingga modal, usaha, dan tenaga yang dihabiskan untuk merintis perusahaan digital. Sayangnya, jika dilakukan terus-menerus berisiko melemahkan semangat semua rekan setim atau karyawan. Padahal kondisi tim yang sudah patah semangat bisa jadi jalan pertama menuju kegagalan.

Pastikan Target Pasar

Awal tahun ini, mulailah dengan mengevaluasi ukuran pasar dan nilai potensi startup hingga peluang yang cukup besar untuk berkembang. Terlalu banyak ide yang diluncurkan tanpa pemahaman yang jelas dan kurang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hanya akan berujung pada kegagalan.

That’s why, sebaiknya berpikir panjang tentang ide apa pun yang dimiliki sebelum mengambil risiko membangun startup. Beda dengan mencari pekerjaan, membesut startup seharusnya nggak merasa sedang bekerja, tapi jadi bagian dari gaya hidup untuk bekerja dan menikmati setiap prosesnya.

Jangan Pernah Berhenti

Setahun belakangan mungkin mengenalkanmu pada hal-hal yang sebenarnya kurang diinginkan. Jangan berhenti untuk mencoba meningkatkannya dan hindari melakukan usaha apa pun dengan dibarengi sikap pesimis dan kurang sabar. Katakan apa yang diinginkan, apa yang diharapkan akan terjadi, ambil tindakan, dan mulai bergerak.

Ingin startup berkembang di tahun 2019, pelihara semangat, komitmen, dan ingin mengambil risiko untuk sukses.

MORE UPDATES