icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Bangganya Bizhare Jadi Peserta Babak Final Pitching The NextDev 2018

Published 03 December 2018 07:20 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Kompetisi startup di Indonesia kian banyak bermunculan. Hal ini harus diakui mendatangkan keuntungan bagi perusahaan rintisan tahap awal. Selain punya kesempatan untuk mendapat pendanaan, tidak sedikit juga yang memanfaatkan momen ini untuk memetik ilmu dari sesama developer atau para profesional demi mengembangkan startup-nya.

The NextDev yang telah digelar untuk keempat kalinya ini makin mengukuhkan posisinya sebagai kompetisi early stage startup terbesar di Indonesia. Bulan Oktober lalu baru saja diselenggarakan babak terakhir, yakni Final Pitching di mana 25 startup terbaik dari kota-kota besar berkompetisi memperebutkan gelar Best Of The Best.

Salah satu startup yang berhasil mencapai tahap tersebut adalah Bizhare. Startup yang bergerak di ranah pendanaan UKM ini tetap memiliki kebanggan tersendiri menjadi bagian dari The NextDev 2018.

Pengalaman sebagai Salah Satu Finalis The NextDev 2018

Walau sudah malang melintang di berbagai ajang serupa, Heinrich Vincent selaku CEO dan Founder Bizhare menyatakan kebanggaannya menjadi peserta The NextDev 2018.

“Berkompetisi bersama dengan para startup terbaik Indonesia, apalagi mereka memiliki dampak sosial dan impact yang beragam dari berbagi industri,” jawab Heinrich saat ditanya perasaannya berhasil lolos ke babak Final Pitching The NextDev 2018.

Persaingan yang sehat dan ketat pun dirasakan oleh platform investasi online setelah melihat banyaknya ide kreatif yang diajukan oleh startup dari berbagai daerah. Setiap startup punya solusi yang kontekstual dengan permasalahan yang ada di daerahnya masing-masing. Mulai dari FishGo yang bergerak di bidang perikanan di Bali, GardaPangan yang menyelesaikan kekurangan makanan di Surabaya, hingga Bizhare untuk mengatasi kekurangan modal investasi di Jakarta.

Persiapan Menghadapi Babak Final

Berbeda dengan startup yang mengikuti tahap Talent Scouting di daerah selain Jakarta, finalis dari ibukota hanya punya waktu singkat untuk mempersiapkan diri menghadapi Final Pitching. Untungnya, jam terbang Bizhare dalam mengikuti kompetisi startup cukup tinggi sehingga membantu dalam memberikan performa terbaik. Kuncinya, ada pada latihan dan opimasi pitch deck yang menekankan pada social impact dan mempertajam fokus presentasi bisnis.

Langkah selanjutnya Setelah Final Pitching

Belum berhasil menjuarai The NextDev 2018 tidak menjadikan Bizhare menghentikan langkah. Usai mengikuti Final Pitching di Jakarta, platform investasi bisnis dengan skema gotong royong ini memiliki beberapa rencana ke depan. 

“Kami terus meningkatkan jumlah bisnis yang bisa didanai, terutama untuk bisnis franchise,” jelas Heinrich.

Dengan begitu diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak bagi orang-orang untuk ikut berinvestasi dan memiliki bisnis sendiri bagi masa depan. Tak ketinggalan, dari segi teknologi dengan mengembangkan aplikasi Android dan IOS serta meningkatkan kualitas UI/UX yang memudahkan user maupun calon user untuk berinvestasi.

Sukses terus buat Bizhare semoga dapat terus menjelma jadi inspirasi bagi developer tanah air!

MORE UPDATES