icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Bujet Terbatas, Pemasaran Kreatif Hadir di Kurikulum The NextDev Academy

Published 09 January 2019 07:50 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Startup dikenal sebagai perusahaan yang dibangun dengan modal terbatas, jadi diperlukan cara-cara marketing yang kreatif untuk menyiasati keterbatasan dana. Apa pun bisnis yang ditekuni, pemasaran memang menjadi hal yang sangat krusial apalagi di era pesatnya perkembangan teknologi digital seperti sekarang.

Nah, para finalis The NextDev yang kini menjadi peserta The NextDev Academy 2018 akan mendapatkan bekal ilmu marketing yang akan dibawakan dalam salah satu kurikulumnya. Penasaran dengan apa saja yang akan diberikan oleh para ahli di bidang startup?

Content strategy

Bukan hanya mengalami keterbatasan dana, startup juga mengalami tantangan dalam sumber daya lainnya, seperti tidak memiliki tim besar untuk pemasaran konten. Manfaatkan situs, aplikasi, atau plugin gratis yang akan menghemat modal yang dimiliki.

Bukan hanya sekadar dana, startup terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan produksi, pemasaran, hingga menghitung traksi. Hemat waktu dalam merencanakan content strategy dengan menghasilkan beberapa gagasan konten baru sekaligus, sesegera mungkin melakukan pembaharuan, dan rencanakan semua proyek ke depan untuk menghilangkan stres.

Tak ketinggalan fokus pada hal-hal besar dan berkomitmen untuk jangka waktu panjang. Kamu mungkin tidak akan melihat hasil luar biasa dari content strategy dalam waktu yang singkat, tapi lebih konsisten.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

The NextDev Academy persembahan Telkomsel di tahun 2018 telah memberikan bekal kepada startup finalis di tahun sebelumnya berupa program berkurikulum yang bermanfaat untuk perkembangan usaha mereka kedepan. Simak selengkapnya detail topik yang dibahas pada The Nextdev Academy 2018 di www.TheNextdev.id. Kira-kira kurikulum apa yang akan menanti para finalis #TheNextdev2018 di tahun mendatang?

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Marketing Strategy

Startup menghadapi banyak tantangan, salah satunya memperlancar pemasukan. Cukup sulit mengingat keterbatasan modal, tapi tetap harys membayar untuk biaya sewa kantor, bahan baku, dan biaya operasional sambil berjuang untuk mempertahankan eksistensinya di dunia startup. Sayangnya, hal ini diperparah dengan founder yang tidak memiliki gagasan tentang marketing strategy yang efektif tanpa harus menghabiskan banyak uang.

Salah satu yang cukup efektif adalah membuat sistem yang memungkinkan user yang melakukan pemasaran. Orang-orang yang membuat rekomendasi atau rujukan merupakan teknik marketing yang cukup ampuh, tanpa mengeluarkan banyak biaya bahkan tergolong gratis. Selain itu, manfaatkan beberapa cara lainnya seperti berinvestasi pada search engine optimization (SEO), media sosial, email, pay-per-click ads, hingga memasang iklan di forum maupun grup.

Measurement Strategy

Jika mempertimbangkan aspek analitik sebagai bagian dari strategi pemasaran, kebanyakan tim startup cenderung memikirkan sisi teknisnya. Namun sebelum mencobanya, ambil langkah mundur dan buat measurement strategy.

Intinya, rencana menyeluruh ini akan mengatur tujuan bisnis dan bagaimana akan diukur. Measurement strategy ini mengikuti jalur yang menuju tujuan secara keseluuhan dan memecahnya menjadi metrik yang terukur. Cara-cara khusus inilah yang lazim disebut matriks pengukuran.

Bagian terbaik dari measurement strategy adalah tidak ada kata terlambat untuk membuatnya. Kembangkan ini sebelum melakukan pengukuran atau pelaporan apapun untuk mencapai tujuan startup.

Teknik-teknik marketing kreatif tanpa menyedot banyak modal inilah yang bakal membantu startup tahap awal untuk mengembangkan potensinya menjadi bisnis yang sukses dan besar.

MORE UPDATES