icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Diikuti 20 Startup Terbaik, Telkomsel Mulai Program The NextDev Academy 2018!

Published 15 April 2018 18:29 By Dwi Ariyani

Program The NextDev 2017, kompetisi startup lokal terbesar dari Telkomsel, memang sudah usai. Namun, tidak bagi 20 startup terbaik The NextDev 2017! Ini adalah tahap selanjutnya mereka kembali dikumpulkan oleh Telkomsel dalam sebuah program bertajuk The NextDev Academy 2018. Program ini juga menjadi pembuka bagi The NextDev Talent Scouting 2018 yang dimulai di Surabaya pada 27-28 April 2018 mendatang.

Di The NextDev Academy 2018, ke-20 startup tersebut akan mendapat mentoring dan pelatihan lebih matang untuk mempersiapkan produknya bisa segera live atau aplikasinya makin keren. Tampak di antara peserta The NextDev Academy 2018 tersebut ada Squline dari Jakarta, Karapan (Surabaya), Cekmata (Surabaya), Marlin Booking (Batam), Share Trans, Growpal (Surabaya), Lindungi Hutan, Go Bandung Disipin, Botika, Comrades, Siaga Air Bersih, Kopitani, Lactashare (Malang), I Care Indonesia, Qeedee (Depok), Edubraille, Bantu Ternak, dan Pak Tani Digital.

Oya, The NextDev adalah kompetisi startup karya anak bangsa terbesar di Indonesia yang digagas Telkomsel sejak 2015. Pada tahun lalu, kompetisi aplikasi/startup lokal terbaik ini diikuti lebih dari 1.700 peserta dari tujuh kota. Menarik sekali, kan?

The NextDev Academy 2018 dimulai pada Minggu (15/4) hingga Selasa (24/4). Selama kurang lebih 10 hari, mereka akan 'dikarantina' di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Sejumlah trainers disiapkan Telkomsel untuk membantu startup terbaik The NextDev 2017 agar bisa tampil lebih baik lagi di Indonesia.

Beberapa trainers keren yang disiapkan oleh Telkomsel untuk pelatihan selama 10 hari ini adalah Natalia Ardianto (Co-Founder & CTO Tiket.com), Sofian Hadiwijaya (Co-Founder Warung Pinter, Pinjam.co.id), Vikra Ijaz (Co-Founder & CMO Kitabisa.com), Dondi Hananto (Founder Kinara), Joshua Partogi (trainer Scrum.org), Ahmad Rizqi Meydiarso (CTO & Co-Founder Kata.ai), Larrisa Rena (Somia CX), Anchali Kardia (sales expert), dan Alexander Christian (Digital Marketing Director Modalku).

Sederet nama keren lainnya tidak lupa dihadirkan Telkomsel. Di antaranya ada Bryan Gunawan (Kraft Heinz Company), Aria Widyanto (Vice President Amartha), Muhamad Philosophi (Co-Founder Legalku Digital), Fajar Anugerah (Senior Partner Kinara), Andreas Surya (VP Portfolio & Investment Kejora Ventures), Steven Suhadi (Co-Founder Blocktech Indonesia), dan Dian O Wulandari (COO Instellar).

Materi trainers pun bisa dibilang lengkap, karena semua sisi startup dikupas. Seperti dari sisi mindset, produk, kustomer, user interface (UI) dan user experience (UX), penjualan, pemasaran, hingga mencari investor.

Steve Saerang, Project Manager The NextDev Telkomsel, mengungkapkan program The NextDev Academy 2018 ini digelar untuk membantu 20 startup terbaik The NextDev tahun lalu belajar lagi dari trainers terbaik, meski startup ini sudah keren karena masuk kelompok 20 startup terbaik The NextDev 2017.

Steve Saerang dari Telkomsel
© 2018 www.thenextdev.id/Syakur Usman

"Meski punya status bergengsi 20 startup terbaik The NextDev tahun lalu, Telkomsel berpandangan mereka tetap perlu belajar lagi soal banyak hal yang tidak mungkin mereka dapatkan dari internal. Maka itu, Telkomsel menyediakan trainers yang akan melihat startup masing-masing dari luar dan atas, sehingga ada penilaian obyektif. Harapannya bisa memberikan inspirasi bagi perkembangan startup ke depan," ujar Steve dalam sambutan pembukaan The NextDev Academy 2018 di Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (15/4).

Dengan pelatihan intensif selama 10 hari ini, Telkomsel berharap startup atau aplikasi anak bangsa yang terjaring bisa jadi terbaik di Indonesia.

"Kami ingin kalian punya idealisme bikin Indonesia lebih baik lagi. Trainers disiapkan untuk menolong kalian, untuk membuat startup kalian lebih baik lagi. Tidak ada lagi kompetisi, it's time to get knowledge!" pungkas Steve.

Semakin menarik, Telkomsel pun menyiapkan banyak hadiah harian selama The NextDev Academy 2018 berlangsung. Tapi bagi startup terbaik di The NextDev Academy 2018, Telkomsel menawarkan hadiah utama, yaitu terbang ke Amerika ikut event SXSW di Texas atau Web Summit di Portugal!

Mau mendapat kesempatan besar yang sama dalam mengembangkan startupmu? Yuk ikutan The NextDev 2018 yang sudah dibuka. Cari informasi kota terdekat di sini dan submit segera startupmu!

MORE UPDATES