icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Garda Pangan Tingkatkan Kinerja, Bantu Kurangi Perut Lapar di Surabaya

Published 05 February 2019 07:34 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Garda Pangan adalah startup dengan misi sosial yang digagas oleh Dedhy Bharoto Trunoyudho ini adalah peserta The NextDev 2018. Tujuannya bukan semata meramaikan dunia startup tanah air. Lebih dari itu, Garda Pangan diciptakan untuk membantu masyarakat berkekurangan agar bisa mendapatkan nutrisi makanan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam melaksanakan tugasnya, Garda Pangan bergerak sebagai food bank, menggandeng nasabah  berupa perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pangan, seperti katering, restoran, hingga toko-toko roti. Dedhy merasa bahwa makanan-makanan sisa yang masih layak konsumsi seharusnya nggak dibuang begitu saja. Ada hal baik yang bisa dilakukan, yaitu mendistribusikannya kepada orang yang kurang mampu agar tetap bisa merasa kenyang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Di tahun 2018, #TheNextDev mengusung tema "Passion + Purpose = Social Impact". Sehingga banyak sekali startup baru yang bermunculan dengan ragam ide dan inovasi segar yang juga memiliki pengaruh untuk lingkungan di sekitarnya. Yuk kita flashback, startup apa saja yang sempat booming di tahun 2018 kemarin! #TheNextDev2018 #TheNextDev #StartupKaleidoscope #StartupIndonesia #localstartup

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Gelaran The NextDev 2018 telah berakhir dengan Garda Pangan menjadi satu dari tiga aplikasi terbaik dalam program akselerasi startup-startup early stage se-Nusantara tersebut. Menyandang predikat tersebut, Garda Pangan terus meningkatkan potensi yang mereka miliki agar semakin berguna dan berdampak sosial bagi masyarakat.

Dalam laporan terbaru untuk bulan Desember 2018, tercatat bahwa Garda Pangan berhasil mengumpulkan 3.391 porsi makanan dan telah disalurkan ke 2.033 penerima manfaat di Surabaya. Untung ada Garda Pangan sehingga makanan-makanan tersebut nggak menjadi potensi sampah dengan berat mencapai 405 kilogram.

Menariknya lagi, bukan hanya perusahaan pangan saja yang bisa jadi 'nasabah' bagi Garda Pangan. Siapa pun boleh bergabung bareng startup berfaedah ini. Nggak hanya sebagai penyumbang, kamu pun juga bisa ikutan terjun langsung ke lapangan sebagai sukarelawan. Tertarik beraksi sosial bareng Garda Pangan?

MORE UPDATES