icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Ingin Rintis Startup di 2019, Jajal 5 Tips Ini Sebelum Ambil Keputusan Penting

Published 10 January 2019 07:05 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Ingin memulai tahun 2019 dengan gebrakan terbaru darimu? Tahun baru jadi waktu yang tepat untuk akhirnya melompat dan merintis startup yang sudah lama diimpikan. Bukan proses yang gampang, sih, tapi bukan berarti kamu kembali menunda impianmu. Mulai sekarang dengan mencoba beberapa tips berikut ini untuk membuatnya sedikit lebih mudah.

Pilih Waktu yang Tepat

Memulai bisnis apapun, termasuk startup, membutuhkan banyak kerja keras dan semakin cepat melakukannya akan semakin baik. Awali dengan membangun komitmen terhadap tujuan atau sasaran tertentu yang akan meningkatkan peluang mendapat kesuksesan jangka panjang dan juga mendorongmu untuk memulai bisnis.

Jawab pertanyaan berikut ini sebelum mulai merintis startup. Mulai dari ide yang mendasari keinginan untuk membangun startup, bagaimana mendapatkan modal awal, hingga langkah untuk mengundang minat calon pelanggan. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara nggak sadar membantumu untuk memulainya sehingga proses merintis startup tak terasa terlalu menakutkan.

Buat Rencana Bisnis

Sebelum launching startup, gunakan waktumu untuk menuliskan rencana bisnis. Pikirkan dengan matang sebagai blueprint untuk usahamu. Di dalamnya harus mencakup riset pasar, perkiraan biaya awal, anggaran operasional bulanan, hingga proyeksi pendapatan yang diperkirakan.

Rencana bisnis yang menyeluruh menunjukkan pada investor jika kamu telah melakukan pekerjaan rumah. Bawa keseluruhan strategi yang akan memudahkan prosesmu membangun startup dan menghilangkan ketakutan maupun ketidakpastian yang dianggap jadi penghalang impian kebanyakan calon founder.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat tahun baru 2019! May we leave all the bad behind and start a brand new day! ????Sudahkah kamu menyiapkan plan dan resolusi di tahun 2019? Share plan dan resolusi kamu di kolom komen ya! #NewYear2019 #TahunBaru2019 #TheNextDev2019

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Tetapkan Tenggat Waktu

Waktu terbaik untuk mulai membesut startup adalah sekarang. Semakin cepat membuat keputusan penting ini, semakin banyak kemajuan yang akan didapat. Kamu juga nggak perlu berhenti dari pekerjaan yang sedang digeluti saat ini. Banyak ahli menganjurkan untuk memulai bisnis sampingan terlebih dahulu, baru kemudian beralih penuh mengurusnya saat sudah yakin dapat memperoleh penghidupan darinya.

Jika berkomitmen untuk langsung terjun membesut startup, perhatikan modal dan waktu yang dimiliki untuk memulai bisnis sejak awal. Dorongan untuk menjadi bos diri sendiri dan kemampuan untuk mengendalikan potensi penghasilan menjadi alasan utama kebanyakan orang meluncurkan startup sendiri. tapi untuk mencapai tujuan ini, pastikan telah memiliki landasan finansial yang memadai terlebih dahulu.

Pilih Alat dan Teknologi yang Tepat

Memilih tools yang tepat dapat membuat perbedaan besar saat merintis startup. Andalkan perangkat lunak untuk menangani tugas-tugas yang membosankan, tetapi tetap harus diselesaikan sehingga memberimu banyak waktu untuk fokus pada strategi dan gambaran yang lebih besar.

Selain itu, memilih tools seperti platform akuntansi atau marketing akan menghemat banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Sebelumnya, pahami tujuan dan anggaran yang dimiliki kemudian tentukan tools terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Membuat keputusan untuk memulai startupmu sendiri terkadang cukup menakutkan, tapi dengan pengetahuan, semangat dan rencana bisnis yang dimiliki, langit jadi batas mimpimu. Let’s start now!

MORE UPDATES