icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Inovasi Pendidikan Untuk Kejar Ketertinggalan Melalui AIDU

Published 12 September 2018 07:28 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Permasalahan akses pendidikan yang merata memang masih menjadi pekerjaan rumah yang on progress dikerjakan oleh pemerintah. Bukan hanya masalah memulai aksesnya, tetapi juga menyetarakan ketertinggalan. Meskipun begitu, bukan berarti pekerjaan rumah ini hanya bisa diselesaikan oleh pemerintah. AIDU, startup besutan Andry Ridwan yang berhasil keluar menjadi satu dari dua wakil The NextDev 2018 Samarinda ini buktikan bahwa tugas memajukan pendidikan juga bisa dilakukan siapa saja.

AIDU, tak hanya konsep melainkan juga eksekusi

 

A post shared by andry ridwan (@andry_ridwan) on

Pengalaman Andry Ridwan menjadi tutor di desa membukakan matanya tetang ketimpangan akses pendidikan antara desa dengan kota. "Pengalaman kami merasakan Ketimpangan pendidikan di desa dan di kota yang begitu berbeda sewaktu bersekolah dahulu dan ketika menjadi tutor, melatarbelakangi kami menciptakan AIDU sebagai inovasi yang bertujuan merevolusi pendidikan menjadi lebih adiktif dan mengakselarasi pendidikan yang telah tertinggal jauh. Olehnya itu kami mulai dari supporting schools," tutur Andry.

Dari pemikiran itulah, Andry pun mengeksekusi idenya menjadi inovasi bagi pendidikan di bawah bendera AIDU yang juga berarti "eksekusi".

Libatkan guru profesional

 

Not just making the impact, They will not rest until they have revolutionized the education industry. Yo yo ayyo GAESS. #thenextdev2018 #startupmakassar #localstartup

A post shared by andry ridwan (@andry_ridwan) on

Jika kita mengakses AIDU, maka kita bisa menemukan fitur unggulan yang dinamakan Exam Management System (SaaS). Dalam menjalankan AIDU, Andry tidak sendiri. Melainkan dibantu oleh tenaga pengajar yang berasal dari tutor-tutor privat dan guru-guru sekolah yang bergabung dalam komunitas yang dibentuknya. Itulah mengapa soal-soal yang disediakan oleh AIDU terjamin. "Soal-soal di-create berdasarkan kurikulum sekolah dan pengalaman soal-soal ujian masuk kampus atau tryout bimbel," jelas Andry.

Dengan melibatkan tenaga profesional, Andry berharap AIDU dapat menjadi jawaban akan tambahan pendidikan yang efektif dan terjangkau oleh semua siswa, serta dapat membangun SDM Indonesia yang bermutu melalui teknologi pendidikan yang adaptif sebagai dampak sosialnya.

Percaya diri pesan tiket pesawat untuk babak pitching meski belum jaminan lolos


© 2018 www.thenextdev.id/shutterstock

Pada gelaran talent scouting di Samarinda minggu lalu, AIDU berhasil menjadi wakil Samarinda untuk Final Pitching The NextDev 2018. Tentunya keberhasilan ini tak luput dari serangkaian persiapan yang dilakukan Andry, mulai dari testing produk yang telah dilakukannya sebanyak 3 kali di tahun ini. Begitu matang persiapannya, bahkan Andry bahkan sudah memesan tiket pesawat untuk final pitching sebulan sebelumnya, padahal belum jaminan bakal lolos.

Untuk kamu yang ingin lolos pitching seperti Andry, pria asal Makasar ini membocorkan rahasianya, antara lain:

  • Berdoa tiap hari (tidak hanya pada saat menjelang acara)
  • Menjelang pitching, perbanyak bergerak pemanasan untuk menyeimbangkan dinginnya AC ruangan. Terkadang grogi karena pengaruh suhu
  • Jika pitchingnya berupa story telling, kuatkan dengan ekspresi
  • Kenakan pakaian atau hal yang unik
  • Hormat/tundukkan kepala kepada juri terlebih dahulu sebelum presentasi
  • Gunakan startup madlips di awal
  • Tekankan keunikan atau secret sauce pada material
  • Jangan menyombongkan diri atau merendahkan kompetitor atau men-judge kompetitor. Cukup perlihatkan competitor landscape kemudian positioning-kan startup kita.
  • Tekankan kolaborasi
  • Pelajari dan pahami behaviour para juri

Selain tips di atas, keberhasilan Andry menyampaikan ide gagasannya dengan baik juga tak lepas dari ketekunannya belajar, misalnya dari video-video pitching yang banyak bertebaran di Youtube. Dari latihan itu, ia meminta feedback teman-teman mentor di Makasar. Mengikuti kegiatan developing bisnis, teknologi dan kegiatan-kegiatan mentoring dari berbagai inkubator dan institusi juga memberikan bekal kesiapan mental untuk Andry.

Lengkap banget ya, tips dari Andry. Kalau kamu punya ketertarikan memajukan pendidikan dan mendorong terciptanya akses pendidikan yang lebih baik bagi Indonesia, mengapa tidak bergabung dengan The NextDev 2018. Kirimkan idemu ke www.thenextdev.id karena masih ada kota Yogyakarta (27 September 2018) dan Jakarta (26 Oktober 2018) yang menantimu. Siapa tahu ide cemerlangmu dapat mengubah Indonesia jadi lebih baik.

 

MORE UPDATES