icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Jadi Awal yang Baik, Temukan Nama Tepat untuk Startup Pertamamu

Published 10 August 2018 07:53 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Bagi sebuah startup, menggunakan nama yang tepat dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesuksesan yang akan diraih di masa mendatang. Yup, nama yang salah ternyata bisa berakibat buruk, misalnya saja mengurangi minat pengguna untuk mengetahui lebih dalam tentang startup yang sedang kamu rintis. Sebaliknya, nama yang jelas dan kuat dapat sangat membantu dalam upaya pemasaran dan branding startup.

Hal ini juga terlihat dari startup-startup yang menjadi peserta The NextDev 2018. Sebagai platform early stage startup di Indonesia, sudah menjadi kewajiban bagi The NextDev 2018 untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi startup tahap awal agar terus berkembang. Caranya sederhana, dengan mulai memilih nama startup yang menarik dengan beberapa tips berikut ini.

Hindari Nama yang Sulit Dieja


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Nama yang sulit dieja bakal bikin pengguna kesusahan sendiri saat hendak menggunakan startup-mu. Maka dari itu akan lebih baik apabila kamu memilih tatanan huruf yang sederhana untuk dipakai menjadi nama startup. Keep it simple!

Jangan Memilih Nama yang Terlalu Sempit


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Kata 'sempit' yang dimaksud di sini adalah hindari mengkotakkan nama startup-mu pada hal atau produk tertentu. Misalnya, Amazon takkan sesukses sekarang apabila Jeff Bezos memilih nama "OnlineBooks" daripada "Amazon." Yup, jika ingin mengembangkan startup ke level yang lebih tinggi, hindari menyematkan produk tertentu atau kota spesifik. Hal-hal seperti ini akan membatasi ruang gerak dan perkembangan startup-mu.

Memiliki Arti


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Idealnya, nama yang dipakai oleh sebuah startup merupakan salah satu cara bagi calon pengguna untuk mengenali bisnis dan produk yang ditawarkan. Pilih nama yang jelas, sederhana, dan menarik. Selain mempermudah penyampaian bisnis, hal ini juga sangat membantu bagi para calon pengguna untuk menemukan startup buatanmu saat melakukan pencarian dengan menggunakan search engine.

Lakukan Research Nama Tersebut di Internet

Setelah menentukan nama yang disuka, lakukan riset di website pada nama tersebut. Terkadang, kita akan menemukan bahwa orang lain sudah menggunakannya. Kalau hal itu terjadi, lebih baik menunda melegalkan pemberian nama pada perusahaan rintisan digitalmu. Akan lebih baik melakukan pencarian nama yang lain agar kesan eksklusivitas tak hilang. 

Mencari Inspirasi dari Orang-Orang Terdekat 


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Nama startup yang “biasa” saja tentu saja terkesan kurang menarik minat bagi para calon pengguna. Misal mengalami kebuntuan tetnang hal ini, Tidak ada salahnya mendengarkan pendapat orang lain. Pilih 5 atau 10 nama kemudian berikan pada teman, anggota keluarga, dan rekan yang dipercaya. Dapatkan umpan balik juga dari tim yang tergabung dalam startup maupun calon konsumen kemudian pastikan bahwa nama tersebut tidak memiliki konotasi negatif.

Memilih nama startup memang gampang-gampang susah. Selain persoalan pemilihan nama, masih ada banyak masalah yang bisa diatasi dengan mengikuti The NextDev 2018. Ketahui secara mendalam seluk-beluk dan pengetahuan tentang startup dengan turut andil dalam The NextDev 2018. Platform early stage startup terbaik ini membuka kesempatan bagi generasi muda untuk menghadirkan impact sosial bagi masyarakat lewat teknologi. Walau sebatas konsep maupun gagasan, ikutkan saja ke The NextDev 2018 yang akan digelar di Batam (Juli), Samarinda (Agustus), Yogyakarta (September), dan Jakarta (Oktober). Segera matangkan konsep startup yang memiliki social impact, submit idemu ke www.thenextdev.id, dan siapkan diri untuk menghadapi dewan juri di babak Talent Scouting. Selamat mencoba!

MORE UPDATES