icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Kejar Status Unicorn jadi Resolusi Startupmu di Tahun 2019? Begini Caranya

Published 08 January 2019 07:25 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Setiap memasuki tahun baru, kita sering memanfaatkan momen ini untuk membuat rencana dan target yang ingin dicapai. Mulai dari melepaskan status single, punya penghasilan sendiri, sampai keinginan untuk menjaga kesehatan dengan membiasakan diri berolahraga atau mencoba pola makan yang lebih sehat.

Mumpung baru beberapa hari menjajaki tahun 2019, nggak ada salahnya untuk membuat resolusi buat startup besutanmu. Saatnya untuk membuat perencanaan baru demi mencapai target yang dipasang setahun ke depan, salah satunya mencapai status unicorn. Sebutan ini diberikan buat perusahaan rintisan digital yang memiliki valuasi di atas $1 Miliar. Hingga kini, baru empat startup Tanah Air yang sudah menyandang status unicorn, yaitu Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Walau nggak mudah, peluang startup-startup lokal untuk mengikuti jejak keempat "senior" ini bisa ditingkatkan dengan beberapa tips berikut ini.

Punya Komitmen untuk Mempercepat Perkembangan

Jika tahun-tahun sebelumnya, fokus startup ada pada pengembangan dan mempertahankan eksistensi di dunia teknologi digital, kini saatnya mempercepat langkahmu. Startup yang telah menyandang status unicorn mampu mencapai pertumbuhan yang cepat dengan menganalisa target pasar, mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi yang tepat dan cepat.

Mulailah dengan memiliki komitmen dan memprioritaskan misi, nilai, serta budaya startup besutanmu. Pertahankan keyakinan pada produk atau layanan yang disukai oleh user dan sebisa mungkin miliki model bisnis yang telah menghasilkan laba sejak hari pertama.

Mengembangkan Produk yang Tepat

Jika ingin membangun startup bernilai miliaran Dollar, nggak cukup hanya ide yang bagua. Produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki segmen pasar yang besar. Oleh karena itu, wajib mengenali ide yang punya potensi untuk mencapai status unicorn, mulai dari memenuhi kebutuhan pasar dengan mudah, bisa melayani permintaan global yang besar, punya tim ahli, dan unggul dari kompetitor lainnya.

 
 
View this post on Instagram

Selamat tahun baru 2019! May we leave all the bad behind and start a brand new day! ????Sudahkah kamu menyiapkan plan dan resolusi di tahun 2019? Share plan dan resolusi kamu di kolom komen ya! #NewYear2019 #TahunBaru2019 #TheNextDev2019

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Mendapatkan Investasi

Cara cepat bagi startup untuk meraih status unicorn adalah menggaet investor yang akan memberikan modal besar. Umumnya, mereka bakal mencari startup teknologi yang telah membuktikan kemampuannya untuk berkembang. Selain mengandalkan pada teknik pitching, fokus melacak metrik keuangan dan dokumentasi yang akan menjadi bukti keberhasilanmu serta kesiapan untuk melangkah ke skala yang lebih besar.

Memiliki Tim yang Unggul dan Solid

Umumnya startup dengan pertumbuhan yang cukup cepat ditunjang oleh tim yang kuat dan terdiri dari orang-orang yang ahli di bidangnya. That’s why untuk meraih status unicorn, founder harus mengenal dan mempekerjakan orang yang tepat. Bukan hanya punya kemampuan yang dibutuhkan, tapi juga memiliki passion, visi, hingga budaya yang sama dengan perusahaan yang dirintis.

Memang tak mudah untuk mewujudkan impian memiliki startup unicorn, tapi nggak ada salahnya menjadikannya sebagai resolusi 2019 sebagai penyemangat dan pendorong untuk terus berkembang.

MORE UPDATES