icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Kick Off The NextDev 2018, Telkomsel Dorong Startup Indonesia Menuju Global

Published 16 April 2018 15:49 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - The NextDev 2018 sebagai ajang kompetisi startup lokal terbaik persembahan Telkomsel akhirnya resmi dibuka di SCBD, Jakarta Selatan pada hari Senin, 16 April 2018. Rangkaian acara kick off-nya sendiri memiliki dua agenda utama, yakni The NextDev Academy dan Talent Scouting. Makin istimewa karena dalam event tersebut hadir pula Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama PT Telkomsel. Beliau didampingi oleh Adita Irawati (VP Corporate Communications Telkomsel) dan beberapa mentor yang salah satunya adalah Dian Octarina Wulandari.

Kemeriahan acara tersebut benar-benar terasa berkat kehadiran 20 finalis The NextDev tahun lali dari berbagai kota di Indonesia. Misalnya, Jakarta, Surabaya, Batam, Malang, Bandung, Depok, dan lain sebagainya. Seperti penyelenggaraan di edisi-edisi sebelumnya, lebih dari 50 orang yang berasal dari 20 startup terlihat begitu bersemangat untuk memulai program The NextDev Academy 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama Telkomsel mengungkapkan jika Indonesia memiliki kemiripan dengan Tiongkok dalam hal potensi melahirkan startup. Yang jadi penyebab adalah faktor populasi dan besarnya pengguna internet di tanah air.

Tak heran bila Telkomsel tak pernah berhenti dalam mendorong industri kreatif Indonesia. Tujuannya agar dapat menghadirkan manfaat maksimal bagi Indonesia. Untung-untung kalau sampai bisa melakukan ekspansi ke pasar dunia.

"Kami memandang bahwa sebuah karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat. Melalui The NextDev, kami mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi yang berpartisipasi dalam Talent Scouting maupun Academy agar mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif bagi kemajuan Indonesia," ujar Ririek saat memberikan sambutan di kick off The NextDev 2018 di Jakarta, Senin (16/4).


© 2018 www.thenextdev.id/©thenextdev

Berbeda dari tahun lalu, The NextDev 2018 terdiri dari dua kegiatan utama, yakni The NextDev Academy 2018 dan The NextDev Talent Scouting.

“Kami jelaskan dulu The NextDev Talent Scouting 2018. Ini merupakan ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. Temanya "Social Impact" dan persyaratan utama aplikasi yang didaftarkan adalah harus mampu menghadirkan dampak sosial positif dan dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbagai sektor. Seperti pendidikan, pemerintahan, lingkungan, kesehatan, transportasi, pariwisata, energi, agrikultur, dan perdagangan,” terang Ririek secara mendetail.

Para peserta The NextDev Talent Scouting nantinya akan mempresentasikan ide-ide brilian mereka dalam Pitching Day yang berlangsung pada periode April - Oktober 2018 di tujuh kota: Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta. Lalu Ide-ide mereka akan dinilai oleh para juri yang kompeten, seperti Yoris Sebastian (Founder OMG Consulting), Dennis Adishwara (Founder & CEO Layaria Network), David Soukhasing (Managing Director ANGIN), Alamanda Shantika (Founder Binar Academy), Alfatih Timur (CEO KitaBisa.com), dan Adita Irawati (VP Corporate Communications Telkomsel). Startup yang lolos di Pitching Day tujuh kota akan diberi kesempatan untuk mengikuti Final Pitching Day di Jakarta pada Oktober 2018.

Tertarik untuk ikutan The NextDev 2018? Persyaratan yang mesti dipenuhi pada dasarnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun. Dapat mendaftar melalui situs thenextdev.id secara individu atau tim dengan maksimal anggota sebanyak tiga orang.

“Yang kedua ada The NextDev Academy 2018. Ini program lanjutan untuk mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup finalis The NextDev 2017. Dengan berpartisipasi dalam akademi yang berlangsung pada April hingga Oktober 2018, para peserta akan memperoleh insight yang tepat dan bermanfaat sehingga mampu mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif,” ujar Ririek.

The NextDev Academy 2018 sendiri memiliki tiga rangkaian kegiatan, yaitu pelatihan intensif selama sepuluh hari (15-24 April 2018 di Jakarta), mentoring offline maupun online, dan progress tracking selama enam bulan. Nantinya para peserta akan didampingi oleh mentor-mentor kompeten dalam pengembangan startup. Misalnya, Dian Octarina Wulandari (COO Instellar), M. Ariff Kamal (SEO Director Group M), Andreas Senjaya (CEO iGrow), Dayu Dara Permata (SVP GO-JEK), Ramya Prajna (Co-Founder & Co-CEO Think Web), dan Gilang Gibranthama (CSO Binar Academy). Setelah melewati berbagai tahapan tersebut, dua evangelist terpilih akan memperoleh reward berupa networking, publicity, virtual office, dan seed money. Menarik, bukan?

Yuk, submit startup-mu sekarang juga!

MORE UPDATES