icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Kunci Sukses AirBnB Besarkan Diri di Bisnis Startup, Contek Yuk!

Published 08 February 2019 07:37 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Buat pecinta traveling, brand AirBnB sudah pasti bukanlah nama yang asing untuk didengar. Bisa dibilang, startup ini adalah pelopor dari startup-startup lain yang bergerak di bidang traveling. AirBnB sendiri merupakan singkatan dari Air-Bed and Breakfast, alias kasur angin dan sarapan, yang merupakan wadah atau marketplace online bagi orang-orang yang ingin menyewakan atau menjadi penyewa kamar pribadi, apartemen, sampai rumah.

AirBnB sendiri dikenal sebagai penyedia akomodasi dengan harga yang lebih murah dari hotel atau losmen. Pastinya aplikasi tersebut bakal sangat berguna bagi traveler yang jalan-jalan ke negeri-negeri mahal, seperti Eropa. Pakai AirBnB dan bakal ada uang sisa untuk beli oleh-oleh atau jajan kulineran.

Bicara tentang sejarahnya AirBnB, startup ini memiliki masa lalu yang sama dengan startup-startup lainnya. Dimulai dari nol, tiga foundernya, yaitu Brian Chesky, Joe Gebbia, dan Nathan Blecharczyk punya solusi dari problem yang ditemui oleh para traveler, yaitu soal akomodasi.

Tiga sekawan yang pernah hidup sekamar di San Francisco ini kemudian mencoba menemukan cara yang menguntungkan dua belah pihak, yaitu penyewa dan konsumen.

Tapi kesuksesan AirBnB bukan hanya sekadar insting yang tajam dalam mengendus peluang bisnis startup. Buat kamu yang berkecimpung di dunia digital, intip dan contek beberapa hal penting yang mereka lakukan hingga membuat AirBnB sebesar sekarang ini.

Nggak Malu Bertanya

Sama seperti para pendiri startup lainnya, Brian Chesk, Joe Gebbia, dan Nathan Blecharczyk masih minim pengalaman memiliki perusahaan sendiri. Hanya saja, yang jadi pembeda adalah keinginan mereka untuk terus maju. Ketiganya pun juga nggak malu untuk menimba ilmu dari mereka yang sudah senior di dunia startup. Bahkan kabarnya mereka juga sering berbincang bareng CEO-CEO perusahaan besar, seperti Mark Zuckerberg (Facebook) dan Jeff Weiner (LinkedIn).

Mau Belajar Hal Baru

Kamu nggak akan sukses kalau memahami tantangan tanpa memahami apa yang ada di depanmu. Begitu juga dengan AirBnB. Setiap personelnya dituntut memahami apa yang harus mereka lakukan untuk terus maju. Contohnya adalah Nathan Blechasczyk. Meski punya jabatan CTO, Nathan tetap mau belajar tentang bisnis sampai dibela-belain mengikuti GMAT, alias tes saringan masuk untuk pendidikan pasca-sarjana di bidang bisnis dan manajemen.

Kesalahan adalah Bagian Dari Kesuksesan

Jangan pernah mengutuk kesalahan. Ketimbang merutuk terus-terusan, lebih baik kamu pelajari apa yang membuatmu gagal dan menjadikannya sebagai pengalaman untuk menghadapi kesalahan-kesalahan lainnya.

AirBnB pernah mengalami kesalahan yang sangat fatal. VP Engineering mereka, yaitu Michael Curtis secara nggak sengaja menghapus semua data di AirBnB. Menariknya, kesalahan ini nggak disambut dengan kemarahan. AirBnB justru memberi kesempatan pada Curtis untuk menemukan solusi dan menyelesaikan problem tersebut. Lebih dari itu, data-data itu akhirnya bisa didapatkan kembali oleh AirBnB. Bijaksana, ya!

Tiga kunci kesuksesan AirBnB bisa menjadi bekal buat kamu yang ingin atau sedang menjalankan startup. Selain itu, selalu kerjakan segala hal dengan semangat serta terus berusaha menemukan ide-ide baru yang bisa digunakan untuk mengembangkan startup kamu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#TheNextDevAcademy tahun 2018 kemarin menggaet mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing untuk membantu peserta dalam sesi private mentoring. Pada sesi ini, startup yang terpilih dibagi ke dalam beberapa kelompok bersama mentor-mentor di atas untuk saling bertukar pendapat dan inspirasi, demi membangun startup mereka lebih baik lagi. Kira-kira siapa saja ya mentor #TheNextDevAcademy tahun 2019 ini? Punya mentor yang ‘diidam-idamkan’? Mention mentor idaman kalian di kolom komen yah! #TheNextDev #TheNextDevAcademy #Startup #StartupLyfe #StartupMentor #StartupExperts #StartupIndonesia

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

MORE UPDATES