icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Lengkapnya Kurikulum The NextDev Academy, Ada Product dan Development Pula!

Published 12 January 2019 07:36 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Sudah berhasil meluncurkan startup? Congratulations, tapi pekerjaanmu masih jauh dari selesai. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, salah satunya pengembangan produk. Bagi developer muda yang menjadi finalis The NextDev, hal ini jadi tantangan tersendiri karena di usia yang terbilang muda, masih minim skill, pengetahuan, dan pengalaman.

The NextDev mengukuhkan komitmennya sebagai platform untuk early stage startup dalam membantu mengembangkan startup tahap awal di Tanah Air. Bukan hanya menggelar ajang kompetisi saja, tapi juga membuka kesempatan untuk belajar dari para ahlinya di The NextDev Academy 2018. Salah satu topik yang bakal diangkap sebagai kurikulumnya adalah Product & Development. Sepenting apa, sih?

Miliki Visi

Memiliki ide yang potensial untuk dikembangkan menjadi startup? Lengkapi dengan visi yang jelas tentang apa yang akan dilakukan, apa yang ingin dicapai, dan ke mana tujuan startup. Tanpanya, startup tidak akan bisa mendapatkan user hingga kalah oleh pesaing. Tentukan seperti apa startup yang diinginkan lalu kembangkan dalam gagasan yang jelas dan ringkas.

Opportunity Canvas

Startup tidak lepas dari permasalahan. Apapun masalahnya, gunakan The Opportunity Canvas sebagai alat yang akan menjadi media untuk mendapatkan solusi. Mudah digunakan, awali dengan permasalahan yang dialami user kemudian bergerak ke belakang untuk menemukan masalah utamanya.

Business Model Generation Canvas

Model kanvas ini memungkinkanmu untuk merencanakan aliran biaya dan pendapatan, memetakan aktivitas, hingga profil user. Selanjutnya, Business Model Generation Canvas juga memungkinkan startup untuk mempertimbangkan pasar dengan strategi dan pendekatan yang tepat.

Value Proposition Canvas

Jenis kanvas ini didasarkan pada dua titik. Pertama segmen pelanggan untuk siapa menciptakan nilai dan kedua segmen preposisi nilai yang akan menarik pelanggan. Lewat Value Proposition Canvas, dua titik ini dapat disajikan untuk menemukan kecocokan pasar produk. Tapi tanpa memiliki model bisnis yang bagus, merancang kanvas ini tidak memungkinkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

The NextDev Academy persembahan Telkomsel di tahun 2018 telah memberikan bekal kepada startup finalis di tahun sebelumnya berupa program berkurikulum yang bermanfaat untuk perkembangan usaha mereka kedepan. Simak selengkapnya detail topik yang dibahas pada The Nextdev Academy 2018 di www.TheNextdev.id. Kira-kira kurikulum apa yang akan menanti para finalis #TheNextdev2018 di tahun mendatang?

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Lean Canvas

Model ini akan mengumpulkan solusi terkecil yang memberikan nilai user. Biasanya dibagi dalam dua sisi, dimana sisi kiri difokuskan pada produk dan diisi dengan detil, masalah yang dipecahkan, metrik utama, hingga struktur biaya. Sedangkan sisi yang kanan diisi fokus pada kebutuhan pasar.

Impact Map

Teknik perencanaan produk ini memungkinkan startup untuk menetapkan tujuan bisnis dan memvisualisasikan cara dan sarana untuk mencapainya. Metode ini menunjukkan gambaran yang lebih besar, menyelaraskan tujuan bisnis, dan memprioritaskan tugas.

Validation Board/Inception Deck

Validation Board merupakan alat sederhana untuk menguji ide-ide startup dan produk yang terbaru. Metode ini berawal dari Eric Ries’s Lean Startup yang dikembangkan setelah mempelajari proses lebih dari 500 startup. Walau tidak menjanjikan kesuksesan instan, tapi mampu membantu founder untuk memvalidasi ide terbaiknya.

Roadmap

Mengembangkan rencana bisnis menjadi salah satu kunci kesuksesan startup, tapi tidak banyak yang membukukannya dalam dokumen tertulis. Roadmap ini menjadi jawaban yang merangkum garis besar yang nyata untuk kerja keras dan dedikasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Penting bagi perkembangan startup, beruntungnya finalis peserta The NextDev 2018 yang punya kesempatan mengikuti The NextDev Academy 2018.

MORE UPDATES