icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Lewat Jahitin, Penjahit Indonesia Selangkah Menuju Sejahtera

Published 07 February 2019 07:21 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Rasa iba nggak harus berkonotasi negatif. Kamu bisa tengok apa yang dilakukan oleh Asri Wijayanti. Berawal dari perasaan trenyuh setelah tahu bahwa pesanan jahitannya hanya memberikan sedikit Rupiah bagi ibu penjahit langganannya, dirinya pun mendobrak ‘tradisi’ ini. Berusaha mencari solusi untuk mensejahterakan masyarakat penjahit di Indonesia.

Buah pemikirannya menghasilkan Jahitin.com. Sebuah startup yang didirikan bulan September 2016 dengan cara menggaet lebih banyak para penjahit di Indonesia. Jahitin.com kemudian menjadi wadah, sekaligus jembatan yang akan memudahkan penjahit-penjahit menemukan klien milenial mereka lewat website atau aplikasi.

Jahit Baju Nggak Harus Ukur Langsung

Selama ini yang diketahui banyak orang adalah ketika akan bikin baju di penjahit, harus fitting dulu secara langsung. Tantangan ini diselesaikan oleh Asri Wijayanti. Calon pelanggan tinggal akses Jahitin, kemudian mengisi data pemesanan yang terdiri dari identitas, ukuran baju, serta model yang diinginkan. Setelah itu, konsumen akan mengirimkan bahan kain yang akan digunakan membuat baju ke alamat penjahit.

Konsumen kemudian tinggal menunggu saja hingga bahan kain tersebut 'disulap' penjahit pilihannya menjadi baju yang sesuai keinginan. Soal pembayaran bisa dilakukan di muka, atau setelah jahitan rampung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Di tahun 2018, #TheNextDev mengusung tema "Passion + Purpose = Social Impact". Sehingga banyak sekali startup baru yang bermunculan dengan ragam ide dan inovasi segar yang juga memiliki pengaruh untuk lingkungan di sekitarnya. Yuk kita flashback, startup apa saja yang sempat booming di tahun 2018 kemarin! #TheNextDev2018 #TheNextDev #StartupKaleidoscope #StartupIndonesia #localstartup

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Penjahit Indonesia

Asri Wijayanti mengatakan bahwa dirinya memulai startup ini karena melihat fakta kurang sejahteranya penjahit di Indonesia. Mereka mengaku hanya mampu meraih keuntungan sekitar satu juta Rupiah saja setiap bulannya. Diperkirakan, dengan gabung bareng Jahitin, para penjahit bisa mendongkrak pendapatannya hingga 200%, atau menjadi sekitar tiga jutaan per bulan.

Konsumen Lebih Mudah Dapatkan Penjahit

Pernah merasakan betapa sulitnya mendapatkan penjahit? Apalagi di saat kamu butuh bikin baju cepat dengan persiapan yang sangat mepet? Jahitin bisa jadi solusi terbaikmu. Nggak perlu lagi berputar-putar keliling kota demi mendapatkan penjahit terbaik. Tinggal akses Jahitin lewat smartphone atau PC, kemudian lengkapi syarat-syaratnya, kirimkan bahan kainmu ke penjahit pilihan, dan tunggu hingga bajunya jadi. Semudah itu!

Asri dan tim Jahitin wajib mendapatkan apresiasi tinggi atas usaha mereka mensejahterakan para penjahit di Indonesia. Berbekal rasa iba, muncul solusi yang menjadi harapan untuk kehidupan yang lebih baik.

Kapan pun butuh penjahit untuk bikin baju, pakai Jahitin. Hanya dengan smartphone, kamu bisa mendapatkan pakaian baru.

MORE UPDATES