icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

MyGarden, Ciptakan Lingkungan Eco Friendly Lewat Satu Platform

Published 13 September 2018 07:38 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Seruan untuk memelihara lingkungan telah banyak kita dengarkan selama beberapa dekade belakangan ini. Ini dikarenakan lingkungan hidup yang semakin terkikis oleh keserakahan dan ketidakpedulian manusia. Lalu, mengapa tidak usaha untuk menghijaukan bumi ini dilakukan dari lingkungan terdekat? Pertanyaan inilah yang membawa peserta terbuncit nomor 11 Talent Scouting The NextDev 2018 Samarinda menciptakan aplikasi bernama MyGarden.

Ciptakan budaya Indonesia yang eco friendly

Diky adalah sosok di balik aplikasi MyGarden, sebuah platform yang mengumpulkan para tukang kebun, penjual tanaman, dan tukang pembuat tanaman di tiap daerah. Ide awal munculnya gagasan ini sederhana.

"Ide awalnya simple, pengen ngebantu tukang kebun, penjual tanaman dan tukang taman mendapat calon pembeli yg tepat dan menciptakan budaya Indonesia eco friendly," terang Diky. "Kita juga selalu menggaungkan save earth, lindungin pohon dan lain-lain tapi kenapa gak kita mulai dari lingkungan terdekat kita."

Dari ide sederhana itu akhirnya Diky mengembangkannya menjadi sebuah sistem yang menciptakan peluang pekerjaan baru dan dapat mendongkrak UMKM, khususnya penjual tanaman dan tukang taman sehingga dapat mempertemukan pembeli dengan penjual lebih mudah.  "Tujuan MyGarden adalah membantu mendongkrak pendapatan para penjual tanaman yang semakin menurun karena kepadatan kaum urban dewasa ini," ujar Diky. Oleh karena itu Diky menargetkan orang-orang yang tinggal di kawasan perumahan sebagai penggunanya.

Tawarkan transparansi harga yang kompetitif

Pengguna MyGarden bisa mendapatkan harga yang kompetitif secara transparan dari penjual barang dan jasa yang tergabung dalam platform ini.

"MyGaren menghadirkan solusi inovatif bagi para pelanggan yang ingin memiliki kawasan hijau di lahan terbatas dengan harga yang bersaing," terangnya.

Tentu saja kemudahan yang diberikan oleh MyGarden ini bertujuan membuat lingkungan lebih asri lagi, meski tak lepas dari tujuan bisnis dan social impactnya.

"Dari sisi bisnis tentunya dengan banyaknya jumlah kawasan perumahan ditiap kota yg menjadi target MyGarden, itu menjadi taget pendapatan MyGarden. Dan sosial impact-nya adalah semakin produktifnya para penjual tanaman dan tenaga-tenaga pekerja tamannya pun akan menjadi lebih ahli lagi dengan pembelajaran yang diberikan MyGarden," pungkas Diky.

Ikut The NextDev dan merasakan real life experience

Bagi Diky, mengikuti The NextDev 2018 Samarinda adalah real life experience yang takkan didapatkannya jika hanya belajar melalui Youtube atau membaca buku. "Melihat barisan para mentor yang sangat ahli dibidangnya dan tentunya mmampu memeberikan insight lebih bagi MyGarden,dan juga dengan jaringan luas Telkomsel yang menyentuh hampir seluruh Indonesia dan pelosoknya, mampu memberikan masukan bagi MyGarden tentang bagaimana cara  mendekatkan diri dengan pelanggan."

Segala insight pedas yang didapatkan Diky merupakan masukan membangun untuk mengelola MyGarden jadi lebih baik lagi sehingga memberikan dampak untuk masyarakat.

Apakah kamu juga punya concern yang sama seperti Diky dalam hal pemeliharaan lingkungan hidup? Segera layangkan ide brilianmu ke www.thenextdev.id, siapa tahu kamulah salah satu yang berkesempatan mengikuti pitching The NextDev 2018 berikutnya di Yogyakarta (27 September 2018) dan Jakarta (26 Oktober 2018).

MORE UPDATES