icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Peduli Masyarakat, DietBuddy dan Garda Pangan Saling Bersinergi

Published 04 February 2019 07:18 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Sadar nggak, kalau semakin hari makin banyak orang Indonesia yang sadar akan hidup sehat? Buktinya, makin banyak taman di kota-kota di seluruh pelosok negeri yang bisa digunakan masyarakat untuk berolahraga. Makin banyak juga lomba-lomba dan kegiatan bertema kesehatan, seperti Fun Bike, Fun Run, Gerak Jalan, dan masih banyak lagi lainnya.

Memiliki gaya hidup sehat sendiri sebenarnya lebih dari sekadar olahraga. Dibutuhkan monitoring, atau pengawasan agar apa yang kamu lakukan nggak berakhir sia-sia. Saat melakukan diet, misalnya, di mana pengertian kebanyakan orang Indonesia adalah mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuh. Padahal kalau mau efektif, diet bukan sekadar menjaga pola makan, tapi juga mengaturnya agar kesehatan nggak terganggu gara-gara ingin agak kurusan.

Di Indonesia sendiri, masih sedikit startup yang memberikan perhatian untuk menghasilkan produk aplikasi penunjang aktivitas diet. Kemunculan DietBuddy di The NextDev 2018 Talent Scouting Denpasar sukses mencuri perhatian para dewan juri. Meski berbekal konsep saja, startup bikinan Alvin Hartanto ini menjadi satu dari tiga startup terbaik yang mewakili Denpasar di babak final. Dalam perkembangan terakhir, Alvin mengaku sudah siap meluncurkan DietBuddy di toko-toko aplikasi, setidaknya bulan Januari 2019 ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Tahun 2019 diprediksi akan menjadi tahun ‘perang’nya startup Fintech! Yuk lihat prediksi dan tren lainnya di atas ini ☝???? Kalau kamu sendiri, sudah siapkah untuk #TheNextDev2019? Source: - tekno.kompas.com - inc.com #FutureIndonesianStartup #IndonesianStartup #Startup2019 #StartupLyfe #startuplife #TheNextDev2019

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Kesadaran akan hidup sehat membawa dampak lain bagi masyarakat. Ketika orang sudah tahu kapan harus berhenti makan, efeknya bakal ada makanan-makanan sisa. Untungnya, masih ada startup lokal lain yang bisa bersinergi dengan aplikasi lain untuk menunjang gaya hidup sehat di negara ini. Salah satunya adalah Garda Pangan, yang mengajak para pengusaha boga untuk menggerakkan jiwa sosial mereka, mengumpulkan makanan sisa untuk disalurkan ke mereka yang jauh dari kata sejahtera.

Bisa dibilang, Garda Pangan adalah cara lain untuk beramal. Kamu nggak perlu mengeluarkan uang sebagai donasi. Sebagai gantinya, hubungi Garda Pangan lewat aplikasi mereka untuk membawa makanan-makanan sisa layak konsumsi agar dibagikan kepada yang membutuhkan.

Selain sebagai donatur, kamu juga bisa berperan menjadi pemberi rekomendasi. Dengan fitur Usul Penerima, masyarakat bisa memberikan informasi mengenai masyarakat pra-sejahtera yang perlu dijangkau oleh Garda Pangan. Kalau mau berbuat lebih, boleh juga. Setiap orang diberi kesempatan untuk menjadi relawan Garda Pangan, langsung turun tangan membantu membagikan makanan-makanan kepada yang membutuhkan.

Dua startup lokal di atas menjadi bukti bahwa The NextDev bukan hanya sekadar kompetisi. Ajang akselerasi bagi early stage startup ini bisa menjadi penghubung yang menyatukan para entrepreneur se-Nusantara untuk membangun, membawa Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

MORE UPDATES