icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Rahasia Diffago Pertahankan Eksistensi di Ranah Startup Tanah Air

Published 04 January 2019 07:43 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - The NextDev 2018 mengakhiri pencariannya untuk startup tahap awal terbaik dengan diumumkannya GardaPangan, HelloBeauty, dan FishGo sebagai pemenangnya. Platform early stage startup terbaik di Indonesia ini memang telah berkomitmen untuk mengembangkan startup tahap awal, terutama yang lolos ke babak final.

Salah satu startup yang berhasil melaju ke Final Pitching yang digelar di Jakarta pada bulan Oktober yang lalu adalah Diffago. Terpilih usai mengikuti Talent Scouting regional Denpasar, startup besutan Ni Komang Ayu Suriani ini terpaksa tidak bisa berkompetisi karena jadwal yang berbenturan dengan program Young South East Asia Leader Innitiative Professional Fellow di USA. Namun, Diffago tetap bangga dan bersyukur bisa jadi bagian dari The NextDev dan membagi harapannya seperti berikut ini.

Pengalaman Lolos ke Final Pitching The NextDev 2018

Diffago yang dibesut oleh Suri dan teman-temannya ini baru setahun lebih berjalan, tapi sudah membuat prestasi yang cukup gemilang. Perjuangannya menghadirkan social impact bagi kaum disabilitas di Indonesia pun mulai membuahkan hasil usai proyeknya mulai terdanai dan adanya bursa kerja khusus penyandang disabilitas di Bandung dan Alfamart.

Suri pun membawa konsep Daffigo lengkap dengan social impact-nya ke hadapan dewan juri yang tertarik mendengarnya. Bahkan Alfatih Timur, Co-Founder dan CEO KitaBisa.com dan Alamanda Shantika, founder Binar Academy, langsung menunjukkan dukungannya untuk bekerjasama dengan Diffago.

Bagi Saran untuk Startup Tahap Awal Lainnya

Pengalamannya mengikuti The NextDev 2018 membuka banyak kesempatan bagi Suri untuk belajar, terutama yang berkaitan dengan perkembangan startupnya sendiri. baginya, ada 3 kunci yang diperlukan untuk menjaga eksistensi di tengah dunia teknologi digital tanah air. "Kekuatan team, fleksibel untuk berubah sesuai dengan potensi pasar yang tersedia, dan perluas atau perkuat network," jelas Suri.

Apresiasi Peran Penting The NextDev 2018

Walau harus melewatkan kesempatan melakukan pitching di babak final, Suri tetap memberikan apresiasi positifnya bagi The NextDev. Selain masukan-masukan dari para juri yang sangat berguna bagi perkembangan Diffago ke depannya, NextDev membuka pintu bagi startup besutannya. "NextDev sangat berperan dalam hal publikasi mengenai startup kami, sehingga makin banyak lagi orang yang tahu tentang Diffago," jelasnya.

Harapan bagi The NextDev ke Depannya

Tak lupa Suri pun memberikan selamat dan semangat bagi ketiga pemenang The NextDev 2018, GardaPangan, HelloBeauty, dan FishGo. "Perjuangan sesungguhnya adalah di lapangan. Buktikan bahwa startup kalian benar-benar berimpact luas dan berbeda dari yang lainnya!" tambahnya.

Selain itu, Suri juga berharap penyelenggaraan The NextDev selanjutnya lebih baik. Salah satunya, disediakan template agar slide yang digunakan semua peserta bisa seragam, sehingga waktu yang diberikan selama 3 menit dapat digunakan dengan baik.

Thanks to Diffago yang sudah memberi apresiasi positif, saran, dan harapannya. Semoga sukses!

MORE UPDATES