icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Selamat! Ini Dia 20 Startup yang Lolos ke The NextDev 2018 Talent Scouting Yogyakarta

Published 26 September 2018 13:30 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - The NextDev 2018 menuju Yogyakarta! Platform early stage startup ini bakal kembali menggelar agenda Talent Scouting untuk memberi kesempatan bagi para peserta melakukan pitch deck langsung di depan para dewan juri. Dengan mengusung tema besar "Tanpa The NextDev, Indonesia Kehilangan Platform Early Stage Startup," diharapkan nantinya akan terpilih peserta-peserta terbaik yang akan mewakili Kota Gudeg di babak selanjutnya di Jakarta, akhir Oktober 2018 mendatang.


© 2018 www.thenextdev.id/The NextDev

Dari sekian banyak submission yang masuk ke meja panitia, berikut adalah peserta-peserta yang berhak maju ke babak Talent Scouting 27 September 2018 di Hotel Harper Mangkubumi, Gowongan, Yogyakarta.

DesignForDream

"Membuat mimpi menjadi inklusif."

Itulah kata-kata yang langsung terbaca begitu membuka situs resmi DesignForDream di designfordream.id. Bila ditengok lebih jauh, startup ini memang luar biasa karena mengusung cita-cita mulia untuk mengajak kaum difabel agar mandiri, menjadi pengusaha atau pekerja profesional. Konsepnya adalah dengan menggalang donasi dan memberikan bantuan bagi para difabel yang ingin maju dan mengalahkan tantangan.

CelenganProperty

Millennial mulai berinvestasi sejak usia muda? Kenapa nggak? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfatkan jasa CelenganProperty. Platform crowdfunding yang pernah jadi juara pertama BTN Mortgtech Hackathon ini menyediakan kemudahan dalam berinvestasi. Misalnya saja, jual beli properti, rumah dan tanah, serta dilengkapi dengan fitur prediksi harga dan teknologi blockchain.

Neurafarm

Startup yang dibidani oleh empat orang, yaitu Febi Agil Ifdillah (CTO), Naufalino Fadel (CEO), Pebriana Artha (CMO), dan Lintang Kusuma sebagai CPO, ini merupakan aplikasi yang bisa membantu masyarakat mendiagnosis penyakit tanaman hanya lewat foto saja dengan bantuan dari Dr. Tania. Dia akan memberikan saran tentang bagaimana cara merawat tanaman yang baik. Menariknya, Dr. Tania adalah AI yang memanfaatkan teknologi untuk terus mengembangkan pengetahuan agar semakin akurat dalam memberikan diagnosa kepada ‘pasiennya.’ Dr. Tania bisa ditemui di situs neurafarm.io.

TemanDokter

Startup ini menghadirkan terobosan luar biasa di dunia kedokteran. TemanDokter tak lagi mengandalkan proses rujuk pasien ke laboratorium sebagai andalan melainkan memberi jasa Pre-Analitik Dokter secara gamblang. Tarifnya transparan, jasa homecare gratis ke rumah, cashback untuk pasien, dan hasil pemeriksaan yang langsung dikirimkan kepada klien.

Artenov

Artenov merupakan startup yang menyediakan teknologi SmartSchool, SmartCampus, dan MicroPay bagi masyarakat. Berasal dari singkatan Art (seni), Teknologi, dan Inovasi, Artenov punya misi mewujudkan masyarakat cerdas lewat inovasi berbasis seni teknologi. Sebagai catatan, Artenov adalah anak perusahaan PT Teknologi Cipta Raya (Tektaya), perusahaan PPOB & Payment Gateway yang berpengalaman mengelola miliaran transaksi.

Lunaz

Lunaz akan membantu penggunanya untuk mengelola semua tagihan/invoice dengan cepat dan mudah. Hanya dalam waktu 30 detik, invoice pun jadi dan siap kirim kepada pelanggan. Data pun aman karena disimpan secara digital.

IvenFrame

IvenFrame adalah platform yang siap membantu pihak-pihak penyelenggara dalam penjualan tiket. Mulai dari acara-acara musik atau konser, kelas musik, seminar, workshop, festival makanan, dan masih banyak lagi lainnya. Startup yang digawangi oleh Hasan Imaduddin sebagai CEO sekaligus Founder ini punya visi untuk menjadi jembatan yang menghubungkan manusia dengan pengalaman tak terlupakan di setiap event-event.

Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB)

Satu lagi startup yang memiliki misi memajukan dunia agrikultur Indonesia, Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB). Lahir di bulan Agustus 2017, MSMB selalu siap untuk menghadirkan teknologi terdepan sebagai pendukung kegiatan pertanian, peternakan, dan perikanan. Dipimpin oleh sang CEO, Kiwi Aliwarga, MSMB terus berusaha untuk menyempurnakan teknologi agrikultur yang terintegrasi dengan aplikasi.

Wozmi

Hidup selalu ribut dengan tumpukan baju yang belum disetrika. Meski sudah disempatkan mencuci, tapi orang selalu punya alasan untuk menghindar dari aktivitas ini. Kalau kamu merasa bahwa menyetrika baju adalah beban hidup, kini ada jasa online setrika, Wozmi. Startup ini bermitra dengan para penyedia jasa setrika pakaian agar lebih mudah dalam bersinergi dengan para calon pelanggan.

Naree

Naree adalah aplikasi yang digagas oleh tiga orang Founder, yaitu Denny Fadli Fitrianto (CEO), Guntur Putra Pratama (CTO), dan Thirafi Aufar Idris yang merupakan Mobile App Developer. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seputar tari yang cukup lengkap. Mulai dari breakdance, hiphop, traditional, ballet, jazz, kontemporer, K-Pop, hingga zumba. Ada juga informasi seputar event tari, artikel seputar tari, sampai promo khusus untuk para penari.

Neurabot

Neurabot adalah StartUp Healthcare – AI yang memberi bantuan dan solusi untuk Identifikasi dan Klasifikasi Objek Sel bagi para dokter, paramedis, dan akademisi. Dalam pengoperasiannya, startup yang dibidani oleh pemuda bernama Indarto ini membangun Algoritma Analisis Citra yang mampu mengekstrasi informasi dari media gambar, video dan Mikroskop Digital yang jauh melampaui kemampuan mata manusia.

1010Dry

Ketika laundry tak lagi memakai mesin cuci, tapi cukup dengan aplikasi bernama 1010Dry. Startup yang didirikan oleh Oji Setyawan, alumnus Universitas Teknologi Jogjakarta ini memungkinkan para pelanggan dan pengusaha laundry untuk saling berkomunikasi dan mengawasi. Pelanggan bisa tahu sampai mana proses cuci pakaian mereka, sementara para pengusaha bisa memonitor bisnis dan neraca keuntungannya.

CitaIndonesia

CITA (Center for Interdisciplinary Academic) Indonesia adalah startup yang memberikan kemudahan dalam proses belajar mata kuliah. Pengajar dan pembelajar bisa bertemu kapan saja, dalam situasi yang kondusif dan menarik agar proses belajar jadi lebih menyenangkan.

ToBe Farm

Satu lagi platform investasi digital untuk dunia agrikultur Indonesia, yaitu ToBe Farm yang menjanjikan keuntungan lebih menarik. Setiap klien dibebaskan untuk memilih paket investasi yang diinginkannya dengan janji cashback. Dari situs resminya di tobefarm.com, terlihat beberapa review dari para investor yang mengaku puas dengan layanan ToBe Farm.

Lift Up

Lift Up adalah aplikasi konsultasi online yang berfokus pada kesehatan mental. Dengan menggunakan aplikasi kamu bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan mental. Selain itu pengguna jug abisa melakukan cek kondisi kesehatan mental lewat Menu Cek Kondisi. Pilih menu Diariku bila ingin melepaskan beban dengan curhat.

Parooh

Butuh kerja part-time? Manfaatkan kemudahannya lewat aplikasi Parooh. Platform job-matching yang menjadi jembatan antara pencari kerja part-time dengan berbagai perusahaan berkualitas secara simpel, cepat, dan tepat.

Kodi

Fintech telah menyentuh sampai ke sendi-sendi keuangan Indonesia. Salah satu produknya adalah Kodi, sebuah platform Koperasi Digital Aplikasi digital untuk membantu segala kebutuhan koperasi,
mulai dari pendirian koperasi, pembagian SHU hingga RAT online. Mulai dari manajemen anggota, pencatatan keuangan, hingga toko disediakan dan bisa dikelola secara online dengan bantuan Kodi.

Yoofix

Yoofix merupakan solusi digital dalam merawat rumah. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan pemesanan teknisi berdasarkan jarak dan jasa yang diinginkan. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Platform ini diinisiasi oleh Dian Bilhokista dan telah beroperasi sejak Februari 2018. Diklaim bahwa dari Jogjakarta dan Jakarta, Yoofix telah menerima lebih dari 1.500 pesanan.

Eclipse

Startup yang satu ini juga terpilih sebagai salah satu peserta yang lolos menuju tahap presentasi pitch deck di Talent Scouting Yogyakarta. Kira-kira seperti apakah konsep yang mereka tawarkan? Lalu mampukah mereka menghadirkan impact sosial bagi masyarakat luas? Temukan jawabannya besok 27 September 2018 di hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta!

Farming ID

Farming ID merupakan media dan pengembang aplikasi pertanian dengan mimpi mengembalikan kejayaan pertanian dan perikanan Indonesia. Platform ini menyediakan konten edukasi seputar pertanian mulai dari artikel, video dan infografis. Selain itu Farming ID juga bisa menjadi asisten virtual untuk membantu masyarakat umum bertani di lingkungannya sendiri dengan cara menganalisis kondisi cuaca, kondisi geografi area, dan tanaman yang mungkin untuk ditanam.

Itulah 20 startup yang berhak mengikuti tahap pitch deck di ajang The NextDev 2018 Talent Scouting Yogyakarta. Buat ke-20 startup di atas, jangan lupa untuk melakukan persiapan diri sebaik mungkin. Buat para juri terpikat dengan presentasimu agar bias melanjutkan perjuangan ke Final Pitching di Jakarta bulan Oktober nanti!

MORE UPDATES