icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Squline Miliki Inovasi untuk Dunia Pendidikan Indonesia yang Lebih Modern

Published 08 November 2018 07:58 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Di setiap tahunnya dalam gelaran The NextDev, selalu ada satu startup terbaik (evangelist) dengan terobosan-terobosan mutakhir yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Squline adalah salah satunya. Memulai petualangan dalam The NextDev edisi 2017, startup yang didirikan oleh Tomy Yunus dan Yohan Limerta ini menjadi satu dari empat platform terbaik.

Dasar pembuatan Squline sebenarnya sederhana saja, yaitu menjadi jembatan dan solusi untuk mereka yang butuh kursus bahasa asing dan para mentor yang membutuhkan peserta didik. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, Squline hadir untuk memangkas jarak yang ada.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Squline.com (@squline) on

Sederhana, tapi istimewa. ‘Jembatan’ tersebut akhirnya juga menjadi jembatan bagi Squline untuk meraih kesuksesan. Saat ini, bersama Habibi Garden, Squline menjadi wakil Indonesia yang bersaing dengan startup-startup terbaik Asia Pasifik di Future Makers, Sydney, Australia. Sebuah program dari Singtel Group, dengan Optus sebagai tuan rumah,  yang mencari startup terbaik untuk menerima bantuan pendanaan sebesar $100.000.

Squline memiliki tujuh kunci untuk meningkatkan potensi pendidikan Indonesia dengan inovasi teknologi. Apa saja?

Membongkar ‘Dinding Kelas’ untuk Kenyamanan Siswa

Squline ‘membongkar’ dinding-dinding kelas yang sering kali menjadi batas yang menyeramkan dari peserta didik. Dengan inovasi berupa webinar, siswa bisa belajar kapan saja dan dari mana saja. Bahkan saat liburan sekali pun. Selain itu, kebebasan ini juga akan membuat siswa jadi lebih nyaman dalam proses pembelajaran, lebih berani bertanya ketika ada materi yang tidak dipahaminya.

Simpan Catatan Belajar Lebih Mudah dengan Komputasi Awan

Zaman sekarang, catatan tak lagi disimpan di buku atau rak. Dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan, atau cloud computing, Squline memberikan ruang yang lebih besar bagi siswa untuk menyimpan banyak hal yang bisa membantu proses belajar-mengajarnya. Mulai dari buku, video tutorial, hingga catatan materi bisa disimpan dan diakses, hanya dengan menggunakan gadget.

Bermain dan Belajar

Squline memahami bahwa siswa bakal makin mudah memahami bila cara belajar lebih menyenangkan. Maka dari itu, mereka juga menyelipkan permainan yang disebut dengan game-based learning (GBL) atau pembelajaran berbasis permainan. Materi belajar akan disampaikan dengan cara yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami.

Pembelajaran Multimodal

Pembelajaran Multimodal adalah metode bantuan belajar dengan cara menggabungkan tulisan, gambar, gerakan, suara, tindakan, dan sebagainya. Pembelajaran ini dijamin efektif untuk mengingat kosakata bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, atau bahasa asing lainnya. Selain itu, Pembelajaran Multimodal juga bisa membantu siswa mempelajari, mengingat, dan memahami huruf bahasa Jepang, Mandarin, Korea, Arab, atau bahasa-bahasa yang tidak menggunakan huruf latin.

Metode Belajar yang Fleksibel

Millennial disebut sebagai generasi yang anti dengan batasan-batasan. Apapun yang dilakukan harus efektif, termasuk dalam belajar bahasa asing. Squline memanfaatkan teknologi internet supaya siswa milenial jadi lebih betah dalam belajar karena fleksibilitas yang tinggi. Tinggal pilih, belajar jam berapa dan oleh guru siapa saja, bahkan oleh tenaga pengajar luar negeri sekali pun. Perbanyak latihan dengan Squline, dengan begitu kepercayaan diri untuk menjalin komunikasi dengan lawan bicara yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan terus meningkat. 

Bisa Gabung dengan Komunitas Belajar

Dengan memanfaatkan teknologi jejaring sosial, Squline memberikan fasilitas bagi siswa untuk bisa bergabung dalam komunitas belajar. Di tempat ini, seorang peserta didik bisa menemukan teman-teman lain yang memiliki kesamaan materi belajar. Diharapkan, dengan bergabung dalam komunitas belajar, seorang siswa bisa mengembangkan ilmu dan potensinya semaksimal mungkin.

 

Tertarik gabung dan belajar bahasa asing bareng Squline? Segera unduh aplikasinya di ponsel kamu. Selain itu, dukung juga perjuangan Squline di ajang Future Makers 2018. Semoga bisa jadi pemenang agar bisa mengembangkan potensi-potensi yang bisa membantu pendidikan Indonesia ke arah yang lebih modern.

MORE UPDATES