icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Survival Kits yang Siap Bikin Startup Tetap Eksis di 2019!

Published 11 February 2019 07:50 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Awal tahun baru seharusnya mendatangkan optimisme dan ide tentang peluang bisnis baru. Namun banyaknya tantangan yang bakal kamu hadapi di sepanjang tahun 2019 bisa membuat startupmu berada dalam perjalanan yang sulit. Tak perlu khawatir, beberapa survival kits berikut ini dijamin mampu membantu startup-mu tetap bertahan di 2019.

Miliki Cukup Kas

Fitur utama dalam survival kit untuk startup-mu adalah kas yang tinggi sehingga memungkinkan fleksibilitas dalam situasi pasar yang ketat. Setelah mampu menghasilkan keuntungan, ada baiknya startup mencapai kemandirian dan nggak bergantung pada bank, pinjaman, atau investasi jangka pendek.

Lakukan Bisnis seperti Biasa

Seringkali founder ingin membuat gebrakan atau muncul dengan ide yang baru setelah melewati pergantian tahun. tapi bukan berarti jadi keharusan demi menarik user baru, cukup lakukan bisnis seperti biasa yang membuat startup lebih siap untuk setiap peluang baru atau mengahdapi masa sulit.

Selain itu, pertahankan nilai-nilai dasar yang dimiliki tanpa membuang kesempatan untuk bekerja dengan pihak-pihak visioner di garis depan industri. Cara ini bisa jadi efektif sebagai strategi untuk tetap eksis dalam waktu yang nggak bisa diduga.

Bangun Startup untuk Tetap Eksis

Miliki ide startup yang dapat bertahan dalam waktu yang relatif panjang. Jangan hanya melihat yang sedang viral saja, tapi kembangkan bisnis yang bisa bertahan lama dan dapat beradaptasi dengan cepat. Misalnya startup yang memiliki sistem pelayanan online bisa melakukannya lewat sistem operasi cloud. Jika berhasil, tentunya akan meningkatkan potensi untuk mengeksploitasi peluang yang lebih besar, baik tingkat lokal maupun global.

Mendapat Pendanaan

Menurut Frank Wagner, Co-Founder INVAO, ada dua alat utama dalam survival kits-nya untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, yaitu hubungan investor dan kemampuan beradaptasi. Startup harus mampu menjual ide secara efektif pada investor, baik besar maupun kecil. pendanaan yang didapat bukan hanya memungkinkan perusahaan rintisan untuk berkembang lebih besar tapi juga terus eksis di ranah digital.

Selain itu, dengan bisnis yang bergerak lebih cepat daripada sebelumnya, kemampuan beradaptasi akan sangat penting untuk mengelola ketidakpastian di masa depan. Memasuki 2019, bahkan lebih penting untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang baru dan mengetahui cara yang berhasil, tak peduli apa pun kemungkinannya.

Team, Tools, dan Networking

Tim, alat, dan networking bisa jadi tiga komponen utama dari survival kit startup 2019. Akan sangat sulit untuk membangun bisnis sendirian, jadi kelilingi startup dengan orang-orang yang termotivasi untuk mempertahankan dan mengembangkan startup. Manfaatkan tools berbasis web sebagai kunci untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang akan membantu startup mencapai level berikutnya di 2019.

Networking bisa jadi penentu keberlangsungan startup selama masa-masa sulit. Coba bergabung dengan forum startup lokal untuk saling berbagi pengalaman, masalah maupun kesuksesan. Walau sepertinya belum memberikan hasil yang cepat, tapi memberikan dukungan dalam waktu lama.

Kondisi persaingan yang ketat membuatmu terus mencari cara untuk bertahan di tahun yang baru. Coba survival kits untuk startup besutanmu, yuk!

MORE UPDATES