icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Tren Jenis Bisnis Startup yang Bakal Booming di Tahun 2019

Published 06 January 2019 08:13 By Iwan Tantomi

TheNextDev.id - Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat banyak startup baru bermunculan, bukan hanya di dunia tapi juga Tanah Air. Di satu sisi peningkatan dari tahun ke tahun mampu menumbuhkan persaingan bisnis yang sehat, tapi di sisi lain startup wajib mencari cara-cara untuk mempertahankan eksistensinya.

Punya impian merintis startup sebagai resolusi di tahun 2019? Nggak ada salahnya mengintip jenis bisnis yang bakal booming di sepanjang tahun ini.

Edutech

Sistem pendidikan yang kuat bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga melibatkan warga negara, salah satunya membesut startup yang menawarkan solusi yang lebih efektif. Membuat perubahan kecil pada pendidikan di tanah air, kita dapat membantu menyelesaikan masalah utama di tengah masyarakat dan membantu membangun masa depan yang lebih baik.

Startup yang dibutuhkan di tahun ini adalah yang mampu mengembangkan model pendidikan baru yang demokratis dan inklusif. Salah satunya model bimbingan, baik online maupun secara langsung. Orang-orang diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan yang diinginkan dan dikembangkan bersama mentor. Hasilnya, pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhannya, dan bukan mengikuti sistem yang dipaksakan.

Pinjaman Non Bank

Pinjaman aternatif telah tumbuh selama bertahun-tahun, tapi 2018 menjadi tahun yang booming untuk bidang ini. Mengingat sekitar 80 persen pinjaman usaha kecil ditolak oleh bank, semakin banyak founder yang mencari pemberi modal non tradisional. Bukan hanya sekadar memberi pinjaman lebih banyak, tapi startup yang bergerak di ranah ini juga menyederhanakan proses peminjaman modal.

Salah satu varietas skema keuangan alternatif yang tumbuh paling cepat adalah pinjaman peer-to-peer. Bunga yang rendah dan mengabaikan persyaratan pendapatan tahunan, startup yang sedang baik daun kini nggak menemui kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan.

 
 
 
View this post on Instagram

Tahun 2019 diprediksi akan menjadi tahun ‘perang’nya startup Fintech! Yuk lihat prediksi dan tren lainnya di atas ini ☝???? Kalau kamu sendiri, sudah siapkah untuk #TheNextDev2019? Source: - tekno.kompas.com - inc.com #FutureIndonesianStartup #IndonesianStartup #Startup2019 #StartupLyfe #startuplife #TheNextDev2019

A post shared by The NextDev (@thenextdev) on

Artificial Intelligence

Beberapa dekade yang lalu, Artificial Intelligence alias AI hanya dikenal lewat film-film Hollywood. Kini, AI menjadi kenyataan dan terintegrasi dengan sebagian besar teknologi yang digunakan setiap hari.

That’s why, permintaan startup yang merangkul AI demi mengembangkan solusi baru makin besar. Mulai dari membantu menemukan obat-obatan yang revolusioner, memberi nasihat hukum gratis, memberi nasihat karir, hingga membantu memerangi deteksi penipuan. Sudut yang menarik lainnya adalah menggabungkannya dengan robotika untuk membantu memunculkan solusi yang lebih efektif dan praktis, seperti mobil self-driving, augmented reality, hingga manufaktur.

Layanan Berlangganan

Walau tren bisnis ini telah melambat dari tahun-tahun sebelumnya, industri ini masih mencetak pertumbuhan yang cukup mengesankan, yaitu satu persen per bulan. Selain dalam ranah makanan, kecantikan, pakaian, dan gaya hidup menjadi pilihan yang paling populer. Startup yang bergerak di ranah ini bahkan mampu memiliki pendapatan 5,5 kali lebih cepat ketimbang perusahaan lain yang nggak membuka layanan berlangganan.

Berniat merintis startup di tahun ini? Nggak ada salahnya mencermati ranah bisnis yang bakal jadi tren startup tahun 2019.

MORE UPDATES