icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Worth To Try, Ini Tips Penting Membangun Budaya Kerja yang Menyenangkan

Published 10 November 2018 07:14 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Memiliki sebuah tim yang solid menjadi kunci keberhasilan sebuah startup. Maka dari itu, jangan menyepelekan kecermatan dalam menentukan rekan kerja. Selain itu yang juga nggak kalah penting adalah membentuk budaya kerja yang menyenangkan. Faktor ini memiliki peran luar biasa bagi para karyawan. Suasana menyenangkan bakal bikin produktivitas mereka senantiasa terjaga.  

Lantas, bagaimana langkah brilian untuk membangun budaya kerja yang positif dan menyenangkan?

Bikin Suasana Kantor Jadi Nggak Kaku


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Langkah pertama tentu saja adalah dengan membuat tempat kerja jadi menyenangkan dan kondusif. Nggfak perlu terlalu kaku, yang penting nyaman dan enak buat dipakai bekerja. Dalam hal ini penting juga untuk memberikan dekorasi di sana-sini. Supaya para karyawan di kantor dapat memaksimalkan daya kreasi yang dimiliki.

Serius tapi Santai


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Suasana kantor yang menyenangkan dapat dibentuk apabila setiap orang yang ada di dalamnya memiliki prinsip yang sama, yakni serius tapi santai. Bersenda gurau di tengah-tengah pekerjaan merupakan hal yang lumrah. Justru hal tersebut merupakan langkah untuk menghilangkan stres dari tekanan pekerjaan.

Perbaiki Cara Berkomunikasi


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Seringkali komunikasi antar anggota tim hanya mengandalkan bantuan teknologi, seperti chatting atau email. Padahal akan lebih baik jika meningkatkan intensitas bertatap muka, misalnya dengan mengadakan rapat kemajuan startup secara berkala setiap minggu atau bulanan. Selain mendengarkan langsung keluhan dari anggota tim, kesempatan seperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk saling memberikan feedback yang dapat meningkatkan kualitas kerjanya.

Beri Penghargaan


© 2018 www.thenextdev.id/pexels

Anggota tim startup seringkali bekerja lebih panjang ketimbang pekerja kantoran. Selain memberikan gaji dan fasilitas yang seimbang dengan jam kerjanya, jangan lupa untuk memberi penghargaan, mulai dari bentuk pujian hingga sekadar mengajak anggota tim bersenang-senang. Bukan hanya memperkuat hubungan antar anggota tim, tapi juga meningkatkan motivasinya untuk bekerja lebih baik lagi.

Aplikasikan tips-tips di atas untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan di kantor. Ilmu seperti ini akan banyak diperoleh saat mengikuti beragam ajang pengembangan startup potensial, seperti The NextDev.

Tahun ini platform early stage startup terbaik itu telah sampai di edisi keempat. Usai menggelar Talent Scouting di tujuh kota besar di Indonesia, akhirnya terpilih tiga peserta terbaik yang berhak mendapat hadiah utama, Rp 100 juta. Mereka adalah Garda Pangan, Hello Beauty, dan FishGo.

Usai babak Talent Scouting, November ini dua startup terpilih untuk ikutan Future Makers di Australia. Ajang ini sendiri merupakan program tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh negara anggota Singtel Group. Indonesia sendiri bakal diwakili oleh dua alumni The NextDev, Habibi Garden dan Squline.

Semoga keduanya sukses membawakan kebanggan bagi Indonesia. We hope so!

 

MORE UPDATES