icon-fb icon-twitter icon-gplus icon-wa

Wujudkan Konsep Smart City, Matakota Ajak Kamu Jadi Smart Citizen

Published 15 May 2018 07:52 By Zaki Mursidan Baldan

TheNextDev.id - Sebenarnya sudah cukup lama bukan, kamu  mendengarkan kampanye Smart City digembar-gemborkan? Namun, sayangnya konsep tersebut belum dapat diterapkan secara menyeluruh di daerah-daerah tanah air. Akan tetapi bila ditelaah secara saksama, tak perlu teknologi tingkat tinggi buat mewujudkan Smart City. Yang sebenar-benarnya diperlukan adalah menjadi Smart Citizen.

Lantas bagaimana cara efektif untuk memperoleh predikat sebagai Smart Citizen? Mudah, tingkatkan saja kepedulianmu pada kota tersebut. Tak perlu repot karena kini telah hadir startup keren bernama Matakota!

Ini dia aplikasi media sosial yang dapat difungsikan untuk melaporkan beragam kasus yang butuh respon cepat. Misalnya, banjir, kebakaran, kecelakaan, perampokan, pencopetan, laporan kehilangan, dan laporan sosial lainnya.

Tony Susanto selaku founder Matakota memberikan penuturan jika startup garapannya itu memiliki lima fitur unggulan. Di antaranya adalah laporan lalu lintas, bencana, kriminal, kebakaran, dan sosial. Di antara semua itu, yang paling utama adalah keberadaan Panic Button di mana fungsinya adalah untuk mendapatkan respon cepat tanggap dari instansi terkait saat terjadi kondisi darurat.

Guna menghadirkan respon yang super cepat, Matakota telah terkoneksi dengan Command Center terkait. Misalnya, Pemerintah Kota, Kepolisian Tim SAR, Rumah Sakit, hingga Pemadam Kebakaran. Dengan begitu, diharapkan munculnya korban meninggal akibat kecelakaan atau keadaan darurat dapat diminimalisir.

Sebenarnya masih ada banyak fitur luar biasa lain yang patut dicoba, seperti salah satunya Lost & Found untuk melacak barang yang hilang. Bila dimanfaatkan dengan maksimal, bukan tak mungkin konsep Smart City bisa diterapkan di kotamu. Atas pencapaian luar biasa di bidang startup ini, Matakota terpilih sebagai salah satu pemenang di ajang pengembangan startup terbaik di Indonesia, The NextDev.


© 2018 www.thenextdev.id/thenextdev

Prestasi tersebut ditorehkan Matakota saat perhelatan Pitching Day The NextDev 2018 di Surabaya beberapa waktu lalu. Misal kamu punya terobosan luar biasa seperti Matakota, jangan hanya dipendam. Matangkan plan dan segera submit idemu itu di www.thenextdev.id agar bisa ambil bagian dalam The NextDev 2018.

Setelah Surabaya, Pitching Day The NextDev 2018 bakal diselenggarakan di Semarang dan Denpasar. Jangan sampai kelewatan, ya. Berikut jadwal selengkapnya!

Surabaya         : 27 April 2018 (Deadline submission : 20 April 2018)

Semarang        : 11 Mei 2018 (Deadline submission : 6 Mei 2018)

Denpasar         : 29 Juni 2018 (Deadline submission : 15 Juni 2018)

Batam             : 26 Juli 2018 (Deadline submission : 15 Juli 2018)

Samarinda       : 23 Agustus 2018 (Deadline Submission : 15 Agustus 2018)

Jogjakarta       : 27 September 2018 (Deadline Submission : 15 September 2018)

Jakarta            : 27 Oktober 2018 (Deadline Submission : 15 Oktober 2018)

Yuk, hadirkan impact sosial bagi Indonesia di The NextDev 2018!

MORE UPDATES